Ininnawa Mewujudkan Segalanya

99

1.  Ininnawa (Niat dalam Hati ) mewujudkan / mappabati Sadda
2.  Sadda mewujudkan / mappabbati ada artinya bunyi mewujudkan kata
3. Ada mewujudkan / mappabbati gau artinya kata mewujudkan perbuatan
4. Gau mewujudkan / mappabbati tau artinya perbuatan mewujudkan manusia

Sesungguhnya Ininnawa yang mewujudkan segalanya.

1. AJA’  MUANGOAI ONRONG,  AJA’TO MUACINNAI TANRE TUDANGENG,  NASABA DETUMULLEI PADECENGI TANA,  RISAPPAPO MUOMPO,  RIJELLO’PO MUAKKENGAU
Artinya :
Janganlah menyerakahi kedudukan, jangan pula terlalu mengingini jabatan tinggi, karena engkau tak sanggup memperbaiki Negara.  Kalau dicari baru akan muncul.  Kalu ditunjuk baru engkau mengaku.
Penjelasan :
Pada hakikatnya, semua orang mencita-citakan kedudukan atau jabatan tinggi, tetapi takdir dan kesempatan membawanya kea rah lain. Akan tetapi manakala keserakahan menjadi tumpuan untuk menggapai cita-cita, maka dalam perjalanan menuju cita-cita unsure moral akan dikesampingkan, bahkan fatal bila ditunjang oleh kekuasaan.  Sebaliknya seorang yang beritikad baik pada umumnya mempunyai harga diri sehingga malu akan mengemis jabatan dan bila diberikan amanah dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

2. TELLU  RIALA  SAPPO :  TAUWE RI DEWATAE, SIRI  RI WATAKKALETA, NENNIYA SIRI RI PADATTA RUPA TAU
Artinya :
Hanya tiga yang dijadikan pagar : rasa takut kepada Tuhan,  rasa malu  pada diri sendiri, dan rasa malu kepada sesame manusia.
Penjelasan :
Rasa takut kepada Tuhan membawa ketaqwaan dan memperkuat iman.  Rasa malu kepada diri sendiri akan menekan niat buruk dan memperhalus akal budi, dan rasa malu kepada sesama manusia dapat membendung tingkah laku buruk dan meninggikan budi pekerti

3. PALA  URAGAE,  TEBBAKKE  TONGENGNGE,  TECCAU  MAEGAE,  TESSIEWA  SITULA’E
Artinya :
Tipu daya mungkin berhasil untuk sementara, tetapi kebenaran tak termusnahkan,  kebenaran tetap akan hidup dan bersinar terus di dalam kalbu manusia.
Penjelasan :
Karena sumber kebenaran datangnya dari Tuhan.  Yang sedikit  mungkin mengalahkan yang banyak untuk sementara karena kekuatan. Akan tetapi yang banyak tidak dapat diabaikan atau dimusnahkan. Yang banyak saja sudah satu kekuatan apalagi yang banyak membina kekuatan.
Adalah tidak mungkin matahari tenggelam di siang hari, seperti tidak mungkinnya memusnahkan kebenaran

NAREKKO RINENNU-NENNU MANENGNGI SIYA WINRU TARONA TO RIOLOTA, MAUNI LUTTU MASSUWAJANG SIAGA BELANA RI LIPU MINASAE, MASENGERENG MOI RITU BATU JEKKANGNGE RI WIRING PASSIRING

TERJEMAHAN :

APABILA KITA RENUNGKAN APA YANG TELAH DIBUAT PARA PENDAHULU, MESKIPUN KITA MERANTAU JAUH KE NEGERI HARAPAN, KENANGAN DAN HARAPAN ITU TETAP MELEKAT PADA BATU TEMPAT KITA BERPIJAK YANG ADA DI NEGERI SENDIRI.

MAKSUDNYA :

APABILA KITA MERENUNGKAN SERTA MENJALANAKAN SEGALA SESUATU APA YANG TELAH DIWARISKAN OLEH PARA PENDAHULU, WALAUPUN KITA PERGI MERANTAU JAUH DAN MERATAP KE NEGERI ORANG DENGAN SEGALA KENANG DAN KEBERHASILAN YANG DIPEROLEH, MAKA SEGALA KEBERHASILAN YANG DIPEROLEH ITU TERKALAHKAN OLEH KENANGAN BEBATUAN YANG KITA INJAK KETIKA BERADA DI KAMPUNG SENDIRI.

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here