Internet Aspek Sosial Budaya dan Politik

0
4

Teknologi komunikasi akan selau berkembang dari tahun ketahun, dari bulan ke bulan, bahkan hitungan jam. Perkembangan ini dikarenakan adanya pengaruh globalisasi dan dampak dari negara maju kemudian merembes ibarat air mengalir dari hulu ke hilir. Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, budaya, dan politik di Indonesia? atau di daerah kita?

Ditinjau dari sisi sosial dan budaya,

“Dalam perkembangannya globalisasi menimbulkan berbagai masalah dalam bidang kebudayaan,misalnya : – hilangnya budaya asli suatu daerah atau suatu negara, terjadinya erosi nilai-nilai budaya, menurunnya rasa nasionalisme dan patriotisme, hilangnya sifat kekeluargaan dan gotong royong, kehilangan kepercayaan diri, gaya hidup kebarat-baratan”

Pengaruh globalisasi disatu sisi ternyata menimbulkan pengaruh yang negatif bagi kebudayaan bangsa Indonesia . Norma-norma yang terkandung dalam kebudayaan bangsa Indonesia perlahan-lahan mulai pudar. Gencarnya serbuan teknologi disertai nilai-nilai interinsik yang diberlakukan di dalamnya, telah menimbulkan isu mengenai globalisasi dan pada akhirnya menimbulkan nilai baru tentang kesatuan dunia.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, kesadaran akan kesatuan dunia telah menghentakkan kita, entah suka atau tidak, Timur dan Barat serta¬† Utara dan Selatan telah menyatu dan tidak pernah lagi terpisah”

Artinya adalah bahwa antara Barat dan Timur serta utara dan selatan  tidak ada lagi perbedaan. Dengan kata lain kebudayaan kita dilebur dengan kebudayaan asing. Apabila Timur dan Barat bersatu, masihkah ada ciri khas kebudayaan kita? hm Ataukah kita larut dalam budaya bangsa lain tanpa meninggalkan sedikitpun sistem nilai kita?

Oleh karena itu perlu dipertahanan aspek sosial budaya Indonesia sebagai identitas bangsa. Caranya adalah dengan penfilteran  budaya yang masuk ke Indonesia dan pelestarian budaya bangsa itu sendiri. Bagi masyarakat yang mencoba mengembangkan seni tradisional menjadi bagian dari kehidupan modern, tentu akan terus berupaya memodifikasi bentuk-bentuk seni yang masih berpolakan masa lalu untuk dijadikan komoditi yang dapat dikonsumsi masyarakat modern.

Karena sebenarnya seni itu indah dan mahal. Kesenian adalah kekayaan bangsa Indonesia yang tidak ternilai harganya dan tidak dimiliki bangsa-bangsa asing. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda, yang merupakan pewaris budaya bangsa, hendaknya memelihara seni budaya kita demi masa depan anak cucu. setuju kan?

Apa yang perlu dilakukan ?

Beberapa tindakan untuk mencegah terjadinya pergeseran kebudayaan yaitu :

  1. Pemerintah perlu mengkaji ulang perturan-peraturan yang dapat menyebabkan pergeseran budaya bangsa
  2. Masyarakat perlu berperan aktif dalam pelestarian budaya daerah masing-masing khususnya dan budaya bangsa pada umumnya.
  3. Para pelaku usaha media massa perlu mengadakan seleksi terhadap berbagai berita, hiburan dan informasi yang diberikan agar tidak menimbulkan pergeseran budaya
  4. Masyarakat perlu menyeleksi kemunculan globalisasi kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negative.
  5. Masyarakat harus berati-hati dalam meniru atau menerima kebudayaan baru, sehingga pengaruh globalisasi di negara kita tidak terlalu berpengaruh pada kebudayaan yang merupakan jati diri bangsa kita.

Ditinjau dari aspek politik,

Kegiatan politik menggunakan teknologi informasi sudah tidak dapat dipungkiri kini sedang berkembang. Untuk menjadikannya sebagai sebuah sistem yang berjalan dan riil haruslah didasari dengan kesiapan dan kesadaran akan partisipasi masyarakat. Sistem yang dibangun harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan kepada pemerintah.

Dalam perkembangannya kini kegiatan politik bukanlah sebuah hal yang tertutup. Di dunia modern kegiatan politik yang terbuka lebih disambut hangat dan berkembang. Banyak negara-negara di dunia yang lebih dulu mengembangkan sistem berpolitik menggunakan sistem teknologi informasi terbukti dapat berkembang pesat dan mendapat kesan positif di mata dunia.

Apa yang perlu dilakukan?

Tidak banyak yang perlu dilakukan namun membutuhkan komitmen, antara lain

  1. Pemerintah dan pejabat pemerintah harus sadar akan perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya pada dunia politik. Indonesia masih belum siap karena belum adanya kesadaran penuh bagi modernisasi pengembangan politik ini.
  2. Kegiatan politik menggunakan teknologi informasi harus mulai diterapkan sejak dini. Pemerintah dan masyarakat harus bersifat terbuka dalam pengembangan negara agar makna dari demokrasi dapat dirasakan secara penuh kepada semua lapisan masyarakat. Generalisasi bahwa yang dapat memberikan perubahan dalam tatanan sistem adalah pejabat harus dihilangkan agar masyarakat dapat sadar bahwa demokrasi berada di tangan rakyat dan rakyat memiliki andil besar bagi negara.
  3. Perkembangan teknologi harus disesuaikan dengan budaya dari negara agar penyatuannya dalam politik dapat dengan cepat direalisasikan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan sumber daya lokal yang berkualitas untuk mengembangkan sistem. Hal ini memberikan manfaat lebih bagi perkembangan teknologi lokal agar terus belajar. Di sisi biaya dengan pemanfaatan tenaga lokal juga akan memberikan penghematan yang signifikan.

Komentar yang Sopan

Please enter your comment!
Please enter your name here