Inilah Pengertian Domain

0
3

Setelah kita memahami apakah itu hosting maka tidak ada salahnya juga mengetahui apakah itu domain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud domaian adalah wilayah; daerah; dan ranah.

Nah bagaimana kalau di dunia internet, apakah itu domain?. Jika Anda membuka website seperti bone.co.id, bone.go.id, Facebook.com, Twitter.com, Google.com, Yahoo.com, bisa dipastikan Anda sedang mengunjungi alamat website tersebut. Ya, nama-nama alamat itulah adalah nama domain.

Pengertian domain ini masih banyak diantara kita termasuk saya, sebelumnya belum paham apa itu domain. Padahal sehari-harinya kita bahkan sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok menggunakan internet dan membuka situs seperti wikipedia.org, tokopedia.com, dll. dan tentu saja tidak ketinggalan Facebook, Twitter, instagram.

Apa itu domain?

Masih menggunakan analogi bangunan dan tanah seperti menggambarkan tentang Pengertian Hosting.

Ibarat sebuah bangunan, tanah tempat bangunan berdiri adalah hosting, sedangkan bangunan adalah website, dan alamat bangunan tersebut adalah domain.

Seringkali orang terbalik-balik dalam memahami istilah ini. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, saya pun begitu dulunya. Nah sekarang jadi kewajiban saya untuk menyampaikan kepada Anda.

Kemudian untuk memilikinya, Anda bisa membelinya di domain provider atau penyedia domain seperti www.masterweb.net, WebHostMu.com, idwebhost.com dan lain-lainnya.

Satu hal yang perlu diingat, nama domain ini bukan berarti setelah Anda membeli lalu bisa jadi milik Anda seterusnya. Kepemilikan nama domain ada masa berlakunya. Minimal 1 tahun. Dan setelah expired, Anda bisa memperpanjang jika masih ingin menggunakannya.

Idealnya, ketika memilih nama domain yang hendak digunakan ada baiknya yang mudah diingat dan diucapkan. Sehingga memudahkan orang lain yang ingin mengunjungi situs Anda. Coba Anda cari dan baca tips memilih nama domain, di artikel tersebut dijelaskan bagaimana sebaiknya memilih nama domain.

Selanjutnya, jika Anda sudah memiliki alamat domain, pastikan hubungkan dengan server hosting Anda supaya domain tersebut bisa diakses. Istilahnya adalah pointing IP (internet protocol). Maksudnya arahkan alamat IP domain Anda ke IP hosting milik Anda. Setelah itu baru orang lain bisa melihat Anda di internet.

Disamping itu ada juga beberapa istilah yang sering digunakan, seperti:

  • Sub Domain
  • Addon Domain
  • Parking Domain

Begitulah penjelasan singkatnya mengenai domain. Semoga artikel ini ada mamfaatnya.

Komentar yang Sopan

Please enter your comment!
Please enter your name here