Bedakan antara Usia dan Umur

0
1

Usia dan Umur itu berbeda. Kalau USIA hanya sekadar angka, yakni lamanya roh berada dalam tubuh. Misalnya La Baco meninggal dalam usia 63 tahun. Jadi hal itu berarti lamanya La Baco hidup di dunia adalah 63 tahun.

Sedangkan UMUR adalah kebaikan yakni kemamfaatan tubuh itu sendiri selama hidup, sejauh mana tubuh dipergunakan dengan baik dalam melakoni kehidupan. Sehingga sering kita dengar ” Mudah-mudahan Allah memberikan umur yang panjang ” bukan ” Mudah-mudahan Allah memberikan usia yang panjang”.

Banyak orang pendek usianya tapi panjang umurnya. Saya berikan contoh tentang sosok Arung Palakka, yang memiliki usia pendek hanya 62 tahun tapi berumur panjang. Umur panjang diambil dari tolok ukur kebaikan yang dilakukan Arung Palakka selama hidupnya. Sehingga sampai saat ini beliau masih dikenang.

Contoh deskripsi lain, La Badu dan La Baco membeli sepeda dalam waktu yang bersamaan pada tanggal 25 Januari 2017, tapi sepeda La Badu tak pernah dipergunakan sementara sepeda La Baco selalu dipergunakan. Maka dari segi usia kedua sepeda tersebut sampai tanggal 25 Juli 2017 adalah 7 bulan, namun dari segi kebaikan/mamfaat sepeda La Baco lebih bermamfaat dibanding sepeda La Badu.

Itulah sebabnya di KTP Anda tertulis Umur : …. tahun,  bukan Usia : …. tahun

Singkatnya USIA identik dengan akhir hidup yakni batas akhir ruh berada dalam tubuh, sedangkan UMUR identik dengan pemamfaatan tubuh sebelum usia menjemput.

Mudah-mudahan penjelasan ini bermamfaat, Semoga Allah memanjangkan UMUR kita semua. Amin.

Komentar yang Sopan

Please enter your comment!
Please enter your name here