Motto Kabupaten Bone

0
2

MOTTO  adalah kata atau kalimat pendek yang menggambarkan motivasi, semangat untuk mencapai  tujuan suatu organisasi atau daerah. Motto biasanya menggunakan bahasa daerah setempat (lokal). Kalau di Kabupaten Bone tentu menggunakan bahasa Bugis.
SUMANGE’
Kata Sumange’ dalam bahasa Bugis merupakan ungkapan yang menggambarkan di mana  terjadi interaksi antara jiwa dan raga pada situasi tertentu sehingga  menimbulkan efek perasaan senang, bahagia, dan bersemangat.
Sering kita dengar ungkapan Bugis “ Kuru’ Sumange’mu  Ana’ “ hal ini mengandung makna seorang ibu atau ayah memberi ucapan selamat kepada anak yang baru saja menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
Demikian pula apabila seorang anak yang mengalami sakit parah atau baru saja sembuh dari penyakitnya “ Kuru, Sunge’mu Ana’ Malampe Sunge’mu Ana’ “ adalah ungkapan orang tua kepada anak yang sedang menderita sakit semoga cepat sembuh dan panjang umur.
Kata SUNGE’  dalam bahasa Bugis melambangkan Ruh atau Jiwa  sedangkan kata SUMANGE  dapat diartikan sebagai penyatuan antara jiwa dan raga yang diwujudkan menjadi semangat.
TEALARA’
Tealara terdiri atas dua kata yakni Tea dan Lara’ . Dalam bahasa Bugis Tea artinya tak akan (Takkan) sedangkan kata “lara’”  bermakna terpisah, keluar dari kesatuan.  Jika kedua kata tersebut disatukan menjadi TEALARA artinya takkan terpisahkan sehingga bermakna kukuh dan kuat.
SUMANGE’ TEALARA’
SUMANGE merupakan pengintegrasian jiwa dan raga. Sedang kata TEALARA berarti tak terpisahkan tidak terpisah, tidak bercerai-berai, yang menggambarkan kebersamaan, kekukuhan dan keyakinan diri.  Karena itu, SUMANGE TEALARA sebagai pengintegrasian jiwaraga untuk mewujudkan keteguhan dan keyakinan diri yang berawal dari niat sehingga tergambar dalam prilaku dan perbuatan untuk  bersama-sama mengahadapi sebuah pekerjaan atau tantangan kehidupan.
Diantara sekian banyak petuah bugis Bone  yang sering kita dengar seperti, Siatting Lima, Sitonra Ola, Tessibelleang, Tessipano, Tellabu Essoe Ritengnga Bitarae, Getteng, Lempu, Ada Tongeng, Taro ada Taro Gau. Kesemuanya terangkum dalam SUMANGE TEALARA.
Khusus Kata Siatting lima (Bergandengan tangan satu sama lain), Sitonra Ola (Berjalan searah, satu kata mufakat), Tessibelleang (Tidak saling menghianati dan tak saling membohongi), dan Tessipano (Tidak saling menjatuhkan) merupakan petuah leluhur asli dari Bugis Bone. Turunannya adalah Getteng, lempu, Ada Tongeng, Taro Ada Taro Gau, Tellabu Essoe Ritengnga Bitarae, Siri Napesse (harga diri digenggam erat-erat karena sekali saja dipermalukan maka harga diripun sudah tidak ada lagi).
Sebagaimana pesan orang tua lehur Bugis kepada anaknya ” Rekko laoki rilipu mabbettang langie Niniriwi Riasengnge Ampe Kedo Majae Nenniya Niniriwi Cappa Lila Temmampukkae ” ( Jika engkau pergi di kampung lain, hindari sikap dan perilaku yang tidak baik dan Hindarilah kata dan ucapan yang tidak berujung pangkal ).
Penulis berpendapat bahwa dari sekian banyak petuah leluhur Bugis Bone yang ada perlu adanya satu bahasa YASSIBONEI ( Seluruh masyarakat Bone termasuk Bugis Bone di luar negeri ) untuk dijadikan sebagai sebuah bahasa semangat sekaligus menjadi MOTTO BUGIS BONE.
Nilai-nilai yang terkandung dalam Motto SUMANGE’ TEALARA :
1. SUMANGE TEALARA berawal dari niat
2. SUMANGE TEALARA memberikan kekuatan dan keyakinan diri
3. SUMANGE TEALARA lahir dari kebersamaan
4. SUMNAGE TEALARA adalah ruh kehidupan yang menjiwai segala tindak tanduk kita.
5. SUMANGE TEALARA  dapat menciptakan jalan.
6. SUMANGE TEALARA  dapat mengusir ketakutan
7. SUMANGE TEALARA  dapat mengobati rasa lelah
8. SUMANGE TEALARA dapat mematahkan kesulitan.
9. SUMANGETEALARA dapat mengantarkan kita pada tujuan
10. SUMANGE TEALARA dapat menunjukkan jati diri
11. SUMANGE TEALARA  dapat menerangi kegelapan kita
12. SUMANGE TEALARA dapat mengangkat harkat dan martabat
Demikian sekelumit buah pikiran penulis semoga ada mamfaatnya dan semoga motto SUMANGE  TEALARA (Teguh dalam Keyakinan Kukuh dalam Kebersamaan ) dapat menggugah kita dalam upaya mewujudkan masyarakat Bone yang sehat, cerdas, dan sejahtera. (Terima Kasih, Salama Topada Salama)
(Oleh : Mursalim)

Komentar yang Sopan

Please enter your comment!
Please enter your name here