Inilah Mamfaat Ikan Gabus

2
Suka dengan ikan Gabus? Dalam bahasa Bugis ikan gabus disebut Bale Salo. Ikan gabus hidup di air tawar dan air payau. Di Uloe kecamatan Dua Boccoe banyak dijumpai ikan sejenis ini. Ikan gabus berkhasiat obat bagi manusia sehingga sangat baik untuk kesehatan, meski diakui bahwa sangat sedikit yang suka memakan ikan jenis ini karena memang penampilannya kurang menarik bagi kalangan masyarakat, namun di daerah tertentu ikan ini menjadi ikan andalan, bahkan menjadi makanan favorit sehingga wajar jika masyarakat yang mengonsumsinya terlihat gesit dan kuat.
Dari segi kesehatan ikan gabus ini bermanfaat bagi manusia. Setiap orang yang mengalami luka-luka di tubuhnya, tapi karena orang ini rajin makan ikan gabus, maka luka-luka yang dideritanya itu tidak berlangsung lama lalu sembuh kembali.
Memang diakui bahwa jenis ikan ini memiliki banyak nama seperti gabus, haruan, gapo, jilo atau bale salo adalah salah satu jenis ikan asli perairan indonesia. Ikan gabus mengandung protein dan albumin yang tinggi, yaitu 70 persen protein dan 21 persen albumin, gabus mengandung asam amino yang lengkap serta mikronutrien zink, selenium dan iron.
Karena kandungan protein dan albuminnya yang tinggi serta asam amino yang lengkap ikan gabus cocok dikonsumsi pasien luka bakar, pasca operasi atau orang yang dalam masa penyembuhan, orang tua yang fungsi organya mulai menurun maupun anak-anak yang mengalami malnutrisi
Hasil Penelitian
Ikan haruan alias ikan gabus mengandung albumen cukup tinggi yang berfungsi membentuk jaringan sel baru dalam tubuh dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit hati sehingga menjadi solusi murah mengobati berbagai penyakit, di antaranya bekas operasi serta lever.
Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Kalimantan Selatan, dr Abimanyu, di Banjarmasin, Jumat, mengatakan, dari berbagai penelitian yang dilakukan, ikan gabus mampu menambah kadar albumen seseorang.
Menurut dia, pasien berkadar albumen rendah, bagi yang mampu biasanya akan diberikan infus untuk menaikkan kadar albumennya, dengan biaya cukup mahal, yaitu diatas Rp1 juta.
Karena ikan haruan, mengandung albumen cukup tinggi, kini rumah sakit pemerintah tersebut telah mengolah dengan mengekstrak ikan jenis predator itu menjadi kapsul.
“Dengan menelan kapsul tersebut, diharapkan pasien akan bisa menambah kadar albumen dengan harga yang lebih terjangkau,” katanya.
Pasien dengan kadar albumen rendah, biasanya adalah pasien dengan gangguan penyakit hati seperti lever dan lainnya, selain itu, dengan memakan ikan haruan bagi pesien yang baru operasi juga akan lebih cepat menyembuhkan lukanya.
Sebagaimana diketahui, warga Kalimantan Selatan selalu identik dengan makanan ikan haruan, sebagai lauk untuk berbagai menu masakan khas Banjar yaitu, ketupat kandangan, nasi kuning, lontong maupun untuk digoreng dan dibakar.
Ikan haruan dengan berbagai menu masakan, selalu disajikan hampir di setiap rumah makan yang menyajikan masakan khas Banjar, karena rasanya yang lezat sehingga warga Banjar hampir tiada hari tanpa ikan haruan.

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here